SISWA BELAJAR SISTEM KERJA KANTIN KWU

 


Dalam dunia kerja dan dunia berbisnis pasti terdapat aturan kerja, sistem kerja, budaya kerja, dalam menjalankan perusahaan atau bisnis.

Sebenarnya menjadi karyawan atau menjadi pebisnis itu , memiliki satu objek yang sama akan tetapi cara pandangnya berbeda , sehingga kegiatanya pun berbeda. 

Menurut karyawan aturan kerja itu perlu dilaksanakan dengan baik, karena mereka di gaji dengan cara menjalankan aturan kerja tersebut.

Menurut pebisnis aturan kerja itu harus dibuat dan dievaluasi untuk menjaga agar kegiatan bisnis berjalan dengan baik.

Jadi bisa disimpulkan aturan kerja bagi pebisnis adalah untuk dibuat, sedangkan aturan kerja untuk karyawan adalan untuk melaksanakanya.

Di kantin KWU ini terdapat aturan kerja dan sistem yang dibuat untuk dipelajari oleh siswa dalam praktek berbisnis atau menjadi karyawan atau kerja di kantin KWU.

Berikut adalah sistem yang bisa mereka pelajari di kantin KWU, baik mereka menjadi karyawan atau pebisnis :
1. Aturan jam kerja : jam masuk , jam pulang
2. Program kerja : Rutinitas dan Event KWU
3. SOP kerja 
4. Struktur kerja TIM
5. TUPOKSI kerja
6. Aturan Umum kerja : apa yang boleh, apa yg dilarang dalam kerja
7. Budaya kerja
8. Dll

Jadi bagi siswa yang bergabung di kantin KWU sebelum lulus sekolah , mereka sudah mendapatkan bekal tentang sistem bisnis di kantin KWU. Apakah siswa nanti lulus sekolah mau menjadi karyawan atau pebisnis. Mereka sudah belajar dan menyesuiakan diri dengan sistem kerja yang ada.

Yang paling ditekankan dalam kegiatan kantin KWU ini adalah nilai-nilai diri dari siswa , pembentukan karakter kuat , disiplin, bertanggung jawab pada hidupnya sendiri, mandiri , kerja TIM, melatih cara cari uang tanpa menggantungkan kepada orang tua, dan masih banyak lagi ........

Kebanyakan dari siswa yang menjadi TIM di Kantin KWU, mereka juga aktif dengan kegiatan sekolah yang lain, seperti ektra dan mengikuti lomba - lomba. Terbukti mereka mendapatkan juara dalam lomba-lomba yang diikuti, dikarenakan jiwa mereka sudah belajar dari sistem kerja yg ada di kantin KWU.

Posting Komentar

0 Komentar