FLEKSIBEL DALAM KEUANGAN

 


Tidak menutup kemungkinan proses tranformasi keuangan memiliki andil besar dalam keberhasilan kantin KWU. Dari mulai berdiri sampai sekarang , ada 5 tranformasi keuangan yang dialami oleh kantin KWU. Sistem tranformasi ini melibatkan siswa dalam melengkapinya. Dalam mengelola keuangan kantin KWU harusnya mengikuti KAIDAH keuangan bisnis. Berikut ini kaidah keuangan yang harus ada dalam pengelolaan keuangan :

1. Ketelitian perekapan data keuangan
2. Kerapian data keuangan ( Bukti transaksi )
3. Transparansi data keuangan ( Jujur dan terbuka )
4. Keefektifan proses keuangan (Aplikasi sederhana)
5. Kevalitan data keuangan ( Minimalisir proses )
6. Prinsip Akuntasi ( Laporan keuangan )

Berikut ini 5 tranformasi keuangan kantin KWU yang sudah terjadi dan mengikuti kaidah keuangan bisnis yang ada :

  • Manual dengan perekapan buku transaksi
  • Buku transaksi dan Aplikasi Excel
  • Aplikasi kasir MMS ( berbayar )
  • Buku transaksi dan Aplikasi Spreadsheet
  • Buku rekap dan Aplikasi Spreadsheet

Awal membuka kantin KWU , pencataan transaksi masih manual menggunakan buku transaksi dan dihitung manual ( kegiatan ini kemungkinan tingkat kesalahannya besar ),  kemudian untuk meminimalisir kesalahan hitung buku transaksi di gabungkan dengan aplikasi excel ( keiatan ini masih kurang efektif dalam merekap dan input data ), tahap ketiga yaitu menggunakan sistem kasir yang disebut MMS dengan harga jutaan rupiah ( akan tetapi tidak semua produk ada Barcode nya dan setiap transaksi tidak harus dengan nota ), akhirnya kembali lagi kepada buku rekapan dan diganti aplikasi excel ke aplikasi spreadsheet , supaya dapat dikontrol secara Online ( karena masih menggunakan buku transaksi, maka masih kurang efektif dalam kerja ), kemudian kami menemukan model yang pas dalam proses keuangan di kantin KWU sesuai dengan kaidah keuangan bisnis yaitu Buku rekap dan Aplikasi Spreadsheet. 

Dengan adanya kegiatan keuangan ini siswa atau TIM KWU akan belajar bahwa sistem keuangan bisnis itu tidaklah kaku, akan tetapi fleksibel harus mengikuti sistuasi dan kondisi yang ada di lingkungan.



Posting Komentar

0 Komentar