FILOSOFI JUAL BELI BAGI SISWA

 

Jual beli merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa jual beli maka tidak ada perputaran perekonomian dan bisa dikatakan dunia ini akan tidak berkembang. 

Asal mula jual beli sebenarnya dari BARTER yaitu tukar menukar barang dengan takaran yang dianggap sama yang sudah disepakati bersama antara individu maupun kelompok. Semua yang kita miliki ini sebenarnya adalah BARTER. Seperti seorang karyawan : mereka membarterkan waktu, tenaga, pikiran, serta keahlianya untuk mendapatkan gaji bulanan. Seorang dokter, menukarkan waktu , tenaga, pikiran serta keahlianya untuk mendapatkan uang dari pasiennya. Seorang pebisnis : mereka menukarkan waktu, tenaga, pikiran / IDE , modal uang , membuat sistem , membuat TIM untuk mendapatkan uang dari membangun bisnis custemernya.

Bahkan hidup kitapun merupakan manifestasi dari suatu BARTER dengan tuhan. Kita diberikan hidup didunia sekarang digunakan untuk apa saja dan pastinya kelak akan dipertanggung jawabkan. Proses jual beli meliputi unsur :
1. Memahami kebutuhan orang lain
2. Menyediakan produk utk kebutuhan orang lain
3. Melakukan komunikasi yang baik kepada orang lain
4. Memberikan pelayanan yang baik kepada orang lain
5. Membuat puas dan ketagihan orang yang sudah membeli ( agar kembali beli atau merekomendasikan kepada orang lain juga )

Jadi sudah jelas , siswa yang bergabung menjadi TIM KWU, mereka belajar memahami kebutuhan apa saja dari orang lain, mereka juga mencari/membuat produk apa yang sesuai dengan kebutuhan orang lain. Serta melatih komunikasi baik lesan, tulisan, gambar  atau isarat kepada orang lain. Melatih keterampilan melayani orang lain dan melatih trik agar pembeli puas .

Ilmu jual beli ini , bisa diterapkan tidak hanya untuk pebisnis saja akan tetapi menjadi karyawan juga membutuhkan karakter ilmu BARTER ini.

Dengan memahami filosofi jual beli ini, maka mereka tidak perlu mengejar uang, akan tetapi uang lah yang mendatangi dan mengejar mereka.




Posting Komentar

0 Komentar